Minggu, 31 Agustus 2014

CARA MENGUBAH FORMAT ANGKA DECIMAL KOMA (,) MENJADI TITK (.) DAN SEBALIKNYA

Pada umumnya hampir semua program/software untuk pengolahan data secara default menggunakan format pemisah  angka dengan titik (.) , sedangkan untuk tanda pemisah ribuan menggunakan koma (,).
Selain karena standard kita (Indonesia) yang tidak sama malah sebaliknya, sehingga mayoritas dari kita tidak familiar dengan tampilan format pemisah angka default, masalah lain muncul ketika kita menerima data mentah yang harus kita olah, menggunakan tanda pemisah sebaliknya.
Misal seseorang mengirim kita data mentah dengan tanda pemisah decimal dengan koma (,). Maka jika kita melakukan pengolahan (misal perkalian), hasilnya pengolahan tidak bisa dilakukan.

Contoh operasi pengolahan data (perkalian) di Microsoft excel 2007

Cara untuk mengubah format pemisah decimal titik menjadi koma atau sebaliknya adalah sebagai berikut:
1. Pada jendela aktif ms. Excel klik “Office Button”, kemudian klik “Excel Options”


2. kemudian di Excel Option pilih menu “Advanced”, kemudian di bagian “Editing Options”  klik “Use system separator”. Decimal separator ganti dengan koma (,) thousands menjadi titik. Klik OK


Maka hasil dari perubahan  tanda pemisah decimal titik menjadi koma, operasi perkalian di atas bisa berjalan dengan benar


*** untuk proses sebaliknya mengubah tanda pemisah decimal koma menjadi titik, caranya sama tinggal mengganti  “Decimal separator” menjadi titik.

Demikian semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar